Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
SMK BINA INSAN MANDIRI
SMK BINA INSAN MANDIRI
Jl. Raya Gununghalu, RT.03 / RW.16, Desa/Kec. Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40565
SMK BINA INSAN MANDIRI SMK BINA INSAN MANDIRI Gununghalu

Selamat datang di website SMK Bina Insan Mandiri 

Sejarah

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Insan Mandiri adalah sebuah lembaga pendidikan yang memadukan ilmu-ilmu yang berbasis kurikulum yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan ilmu-ilmu yang berbasis pada nilai nilai Agama (ajaran islam). Dengan pemaduan ini diharapkan bahwa alumni atau tamatan dari sekolah ini bukan hanya mempunyai keahlian, khususnya untuk memenuhi kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI)  saja, tapi juga diharapkan mereka mempunyai bekal agama yang cukup kuat untuk bersaing di dunia nyata dengan lebih mengedepankan nilai-nilai agama serta akhlakul karimah.

Ide pendirian sekolah ini bermula dari rasa kepedulian Yayasan Daarut Taghyir yang saat itu ketua yayasan Bapak Kurnia Karim Samdani dan Pak Aom Pratama (sebagai kepala sekolah SMK DAMASCO Bekasi) membicarakan perencanaan untuk mendirikan sekolah di Gununghalu, karena melihat kondisi pendidikan secara umum yang masih sangat jauh dari kata sempurna dan khususnya pada bidang pendidikan kejuruan yang belum mampu menciptakan tenaga-tenaga yang handal dan terampil. Sementara di sisi lain, era pasar global menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif yang mampu bersaing di dunia usaha, baik di tingkat domestik maupun internasional. Maka sekolah ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa mendorong mutu pendidikan kejuruan di indonesia sehingga bisa meningkatkan sumber daya manusia di kalangan generasi muda pada umumnya dan warga Kecamatan Gununghalu khususnya.

Setelah pertemuan Ketua Yayasan dengan Pak Aom Pratama sebagai Kepala Sekolah DAMASCO Bekasi, maka Yayasan Da’arut Taghyir membentuk tim pendiri Sekolah yang terdiri dari Pak Bagja Setiawan sebagai Pembina Yayasan, Abdurrahman Sebagai Pengawas Yayasan, Kurnia Karim Samdani sebagai Ketua Yayasan, Supiyan Permana sebagai sekretaris, Ayi Kusmiati sebagai Bendahara, Ade Suryana sebagai Kurikulum, Soleh Hidayat sebagai Kesiswaan dan Dikdik Ependi sebagai Pembina bidang keagamaan.

Pada awal berdirinya, sekolah ini bernama SMK Bina Insan Mandiri sesuai dengan Berita Acara Pendirian Nomor : 001/PD/ YS-DT/III/2010 tertanggal 10 Maret 2010. Ini merupakan hasil kerja keras dari tim pendiri SMK Bina Insan Mandiri yang tersebut di atas, yang ditunjuk oleh Yayasan Daarut Taghyir dan yang dituangkan dalam SK Yayasan Nomor : 002/SK/YS-DT/III/2010.

Maka pada Tahun 2010 dibukalah penerimaan siswa baru untuk tahun pelajaran 2010/2011. Dan saat itu untuk mengkoordinasi kegiatan belajar mengajar di sekolah ini, yayasan Daarut Taghyir mempercayakannya kepada Bapak Aom Prapta Kusumah sebagai Kepala Sekolah sesuai dengan SK Yayasan No. /BP/SK/YS-DT/VII/2010 tanggal 12 Juli 2010. Dan saat itu pula dibukalah empat jurusan, yaitu: Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Sepeda Motor, dan Administrasi Perkantoran, namun dalam operasionalnya keahlian Teknik Komputer Jaringanlah yang baru bisa dikembangkan.

Dalam perkembangannya, SMK Bina Insan Mandiri dapat izin rencana pendirian Sekolah Swasta Nomor : 421.3/815-Disdikpora 2011 tanggal 3 Mei 2011, dan pada tahun pelajaran 2011/2012 terjadi perubahan Kepala Sekolah yang awalnya dipimpin oleh Aom Prapta Kusumah menjadi Eli Maftuh Falah, M.Pd serta terus mengadakan pembenahan dalam bidang administrasi, sehingga akhirnya pada tahun pelajaran 2012/ SMK Bina Insan Mandiri dapat izin operasional dengan Nomor : 421.3/4708/Disdikpora 2012

Tanggal 31 Juli 2012, pembenahan demi pembenahan terus dilakukan oleh yayasan Daarut Taghyir sebagai badan yang membawahi langsung berdirinya dan berkembangnya sekolah ini. Di antara pembenahan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pelayanan kepada siswa adalah pergantian kepala sekolah pada tanggal 18 Juni 2012, yaitu Eli Maftuh Falah, M.Pd diserah terimakan kepada Supiyan Permana, sebagaimana tercantum dalam SK Yayasan No. SK/YS-DT/VII/2012.

Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan terus diupayakan oleh kepala sekolah dan yayasan. Diantaranya adalah penambahan sarana siswa yang berupa penambahan ruang kelas, komputer dan sarana kurikuler serta unit produksi. Dan untuk melengkapi kegiatan ekstrakulikuler, selain kegiatan OSIS dan Pramuka sekolah juga membentuk kegiatan-kegiatan yang mendorong potensi serta meningkatkan kualitas siswa SMK Bina Insan Mandiri ini.

Dalam upaya re-enginering atau penataan dan pengembangan pendidikan, untuk mewujudkan pola pendekatan pembelajaran berbasis kompetinsi (Competency Based Training) sehingga memunginkan calon siswa-siswi dan orang tua mereka untuk dapat memilih program keahlian yang sesuai. Hal ini juga untuk menjawab tuntutan dunia usaha yang membutuhkan tenaga-tenaga yang terdidik, terampil dan profesional sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Dalam perkembangan selanjutnya, berkat kerja sama yang solid antar unsur-unsur yang ada di SMK Bina Insan Mandiri, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Dewan Guru, Staff  Tata Usaha, Siswa-Siswi, serta peran orang tua siswa dan unsur masyarakat dalam pembangunan, pengembangan, dan peningkatan mutu pendidikan dam pembenahan administrasi sekolah, maka pada program akreditasi sekolah yang diadakan pada bulan September 2013, maka alhamdulilah SMK Bina Insan Mandiri tahun 2013 mengadakan akreditasi yang pertama, hingga saat ini SMK Bina Insan Mandiri sudah beroperasi selama kurang lebih 8 tahun dan sudah dua kali mengadakan akreditasi di bawah pimpinan Kepala Sekolah Kurnia Karim Samdani, S.Pd.I.

©2019 SMK BINA INSAN MANDIRI Gununghalu All right reserved   Developed by javwebnet